Selasa, 17 Maret 2009

Metode Glenn Doman

Di televisi, salah satu iklan susu anak yang menampilkan kak Seto menyebutkan mengenai metode Glenn Doman yang baik untuk tumbuh kembang anak.
Siapakah Glenn Doman? Seperti apakah metode Glenn Doman ini?
Glenn Doman adalah seorang terapis dan pionir dalam kajian perkembangan otak anak. Pada tahun 1955 ia mendirikan the Institutes for the Achievement of Human Potential (IAHP), lembaga non-profit yang menyediakan program mengajar dan buku yang dirancang untuk meningkatkan dan mempercepat perkembangan mental dan fisik bagi otak anak yang normal maupun yang terganggu.
Salah satu filosofi dari IAHP adalah di antaranya yaitu penemuan bahwa pertumbuhan dan perkembangan otak merupakan proses dinamis yang tunggal. Merupakan proses yang dapat dihentikan, dapat diperlambat, tapi yang lebih penting, proses ini dapat dipercepat.
Itulah sebabnya Glenn Doman menggarisbawahi pentingnya stimulasi pada otak anak untuk membantu otak anak berkembang dengan lebih cepat, sehingga membantu menumbuhkan anak yang lebih cerdas.
Metode Doman ini menggunakan flash card. Flash card merupakan kartu yang berisi gambar, huruf, atau angka yang ditunjukkan kepada bayi atau balita, dan digunakan untuk mengajari mereka membaca dan berhitung sejak dini. Pelajaran ini diberikan tiga kali dalam sehari, dimulai dari sejak bayi berusia tiga bulan.
Program untuk membina fisik anak melibatkan serangkaian kegiatan, di antaranya memijat bayi, merangkak dan berjalan, mengayun dan berputar, berenang, dan senam.
Sedangkan terdapat pula kegiatan mendengarkan musik untuk menstimulasi otak anak.
Lengkapnya dapat dilihat di sini.

1 komentar:

  1. Salam kenal Mba Hesti,

    Kami dari forum deBlogger, komunitas bloggernya orang Depok ingin mengajak semua blogger Depok untuk bergabung dengan komunitas ini.

    Kita ingin bangun sebuah komunitas cyber Depok yang up to date terhadap Digital Life. Rencananya kita akan grand launching di bulai Mei 2009 dengan mengundang blogger-blogger jempolan. Moga-moga aja teman bisa ambil bagian di acara ini :D

    Join us dengan mengisi form di Daftar Deblogger

    Terima kasih,
    Rumah Deblogger

    BalasHapus